Biografi singkat Ibnu
Qutaibah
Beliau lahir pada tahun 213 H, 828 M.
Kitab karangan yang terpentingnya yaitu :
* Adabul
Katib.
* Al-Asyribah.
* I'rabul
Qur'an.
* Al-Anwa'.
* Ta'wil
Muhtalifil Hadits.
* Taswiyah
Bainal Arab Wa Al-Ajm.
* An-Nafaqah.
* Jamiun
Nahwi.
* Al-Khoil.
* Ar-Rad 'Ala Musabihah.
* Tabaqat
Syuara'.
* Al-'Ilmu.
* 'Utunul
Ahbar.
* Ghoribul
Ahadits.
* Al-Fars.
* Al-Fiqh.
* Al-Masa'il
Wa Al-Jawabat.
* Al-Ma'arif.
* Ma'ani
Syi'r.
* Musykilul
Hadits.
* Musykilul
Quran.
* Al-Musir
Wal Qodah.
Beliau
wafat tahun 270 H,tepatnya 884 M.
Muqadimah
Allah
Ta'ala berfirman, dalam hadits qudsiNya, " Saya ciptakan hambaKu semuanya
dalam keadaan lurus. Maka setan membelokkannya dari dien mereka".
"
Beramalah ! maka masing-masing akan dimudahkan jalannya bagi yang menempuh
jalan tersebut. Jika memang dia merupakan orang yang akan bahagia, maka dia
akan selalu beramal amalan yang menuju kearah situ. Dan jika termasuk orang
celaka, maka dia cenderung untuk beramal ke arah itu".
Allah
mengusap punggung Nabi Adam lalu memegang dua pegangan. Pegangan yang kanan
maka dikatakan, "Masuklah ke jannah dengan rahmatKu".
Dan
pegangan yang kiri ( pegangan yang
lainnya ) dikatakan, " Ke nerakalah dan saya tidak peduli".
Orang
yang bahagia yaitu orang yang bahagia dalam perut ibunya. Dan orang yang celaka
yaitu orang celaka dalam perut ibunya.
Hujah
orang yang mendahulukan Ali bin Abi Talib daripada yang lainnya. Yaitu sabda
Rasul, " Kedudukanmu padaku sabagaimana Harun pada Nabi Musa. Tetapi tidak
ada Nabi lagi setelahku."
Sabda
Rasul lagi, " Sesungguhnya umatku tidak akan berkumpul diatas
kesalahan".
Umar
bin Khottab berkata, "Seandainya agama ini sandarannya qiyas, maka
bawahnya teropah lebih layak untuk diusap dari atasnya."
DUA HADITS YANG
SALING BERTENTANGAN
Hadits Tentang Sandal
Yang Putus.
1.
Dari Waki', dari A'mas, dari Abi Salih,dari
Abi Hurairah, dari Nabi. Beliau bersabda, "Jika putus salah satu tali
sandal kamu, maka janganlah kamu berjalan dengan satu sandal saja".
2.
Dari Mundil, dari Laits,dari Abdurrahman bin al-Qasim dari Aisyah berkata, "Terkadang
Rasulullah putus tali sandalnya, maka beliau berjalan dengan satu sandal
tersebut sampai yang lainnya
diperbaiki".
Abu muhammad berkata,
" Jika salah satu sandal terputus lalu melepasnya, kemudian dipegang dengan
tangannya sambil berjalan dengan satunya itu keburukan. Adapun berjalan sesaat, selangkah
atau dua langkah, sampai sandal yang lepas tadi betul kembali bukan termasuk
hal yang jelek".
Kenapa demikian ?
karena hukum 'sedikit' itu tidak sama hukum 'banyak'. Hal itu banyak terjadi.
Seperti melangkahkan
kaki bagi orang yang salat. Pada saat dia berdiri atau rukuk karena adanya
suatu keperluan yang harus dia lakukan maka itu boleh. Dan tidak dibolehkan
pada jarak 100 dhira’ misalnya.
Hadits tentang Rasul
kencing berdiri dan duduk.
Hukum
yang terjadi pada saat darurat tidak sama dengan hukum ihtiyar.
Hadits
tentang hukuman zina ada yang dirajam, dan dera / jilid seratus kali dan
diasingkan satu tahun.
Jawabannya
yaitu, itu merupakan keputusan dalam
kitab Allah.
Hadits
tentang memotong tangan pada seorang wanita yang meminjam pada suatu kaum
dengan adanya perintah dari Rasulullah.
Dan
menjadi ijma’ bahwa orang yang meminjam itu tidak akan dipotong tangannya. Karena
dilandasi rasa percaya.
Hadits
itu tidak bisa dijadikan hukum. Karena haditsnya tidak menerangkan bahwa
sungguh dia memotongnya, tapi faktanya yaitu memerintahkan agar dipotong.
Terkadang
boleh memerintahkan tapi tidak melakukannya. Dan terkadang terjadi pada para
pemimpin dalam rangka mentahdzir dan tarhib. Bukan maksudnya pelaksanaan suatu
hal.
Hadits tentang
pembunuhan budak.
Hadits tentang had
bagi peminum khamr.
Hadits
tentang keraguan Rasulullah dan Nabi Ibrahim.
Hal
itu berkaitan dengan sabda Rasul, “ Tidaklah apa yang dikabarkan tersebut
sebagaiman apa yang terjadi”.
Hadits
tentang adwa
dan tiyarah ( penyakit yang menular dan kesialan )
Hadits tentang salat
dluhur pada saat masih panas.
Hadits
tentang kufurnya Nabi, bahwa beliau beragama dengan agama kaumnya selama 40
tahun.
Hadits
tentang sebaik-baik generasi yaitu generasi awal atau generasi akhir. Yaitu
adanya dua hadits.
Hadits tentang
keutamaan Nabi atas Nabi yng lainnya.
Hadits
tentang tidak masuk jannah karena kibr ( sombong ) dan hadits masuk neraka
disebabkan kibr juga.
Hadits tentang kufur
orang yang tidak ‘hayat’ ?????ular kali.
Hadits
tentang jannah itu dilangit ke 7 dan taman diantara taman-taman surga.
Amar
bin yasir berkata, “surga itu dibawah kilatan, yaitu kilatan pedang dan jannah
itu dibawah naungan pedang”.
Hadits
tentang kholifah itu dari Quraisy dan perkataan Umar, “Seandainya Salim masih
hidup, pembantu Abu Hudzaifah, maka aku tidak akan ragu padanya”.
Hadits
tentang matahari itu terbit dari antara dua tanduk setan. Dan hadits lainnya
bahwa setan itu didalam tubuh manusia dalam aliran darah. Dan dalam kesempatan
lainnya berujud syaikh, pemuda, api dan yang lainnya.
Hadits
tentang setiap manusia dilahirkan dalam keadaan fitrah dan hadits kecelakaan
bagi yang celaka dalam perut ibunya.
Fitrah
artinya permulaan dan awal adanya.
Rasul
bersabda, “Allah ta’ala berfirman tabarak wa ta’ala, “Sesungguhnya aku ciptakan
hambaku semuanya dalam keadaan lurus ( hanif ). Maka setanlah yang telah
membelokkan mereka dari dien mereka. Lalu orang yahudi menyahudikan anak-anak
mereka. Orang majusi memajusikan anak-anaknya. Yaitu mengajarinya”.
Hadits
tentang mencuci tangan setelah tidur kali, sebelum dia berwudlu atau melakukan
sesuatu.
Hadits
tentang larangan salat ditempat menderumnya onta karena karena itu diciptakan
dari syaitan. Pelajaran yang dapat
diambil darinya yaitu, itu terjadi pada awal mulanya.
Hadits
tentang perintah untuk membunuh semua anjing. Tapi disisi lain ada hadits
pengecualiannya.
"Seandainya
anjing itu bukanlah suatu umat, diantara umat yang ada. Sungguh saya akan memerintahkan
untuk membunuhnya. Tapi bunuhlah anjing hitam".
"Diperintahkan
untuk membunuh anjing sampai tidak tersisa satupun anjing di Madinah".
Hadits
tentang gadaian Rasulullah pada saat wafatnya.
Malik
bin Dinar berkata, "Sesungguhnya permisalan orang mu'min sebagaimana ……((المأبورة"
Hasan
berkata pada salah seorang yang masuk ketempatnya dan dia sedang makan, "
makanlah". Maka orang tadi menjawab,"aku sudah makan. Dan saya tidak minat lagi makan".
Malik
berkata lagi, "saya senang seandainya rizqiku hanya pada ….yang aku peras.
Karena aku malu pada allah. Aku banyak kekamar WC".
Rasulullah
mengadaikan barangnya pada orang yahudi, karena pad saat itu mereka banyak
menajdi pedagang makanan. Kaum muslim tidak menjadi pedagang karena takut
dengan ancaman dan larangan untuk penimbun makanan.
Hadits
tentang amr bin ash yang berhukum dan berijtihad dengan dirinya sendiri. Hal
itu ada perintah rasul.
Hadits
niat, "barang siapa yang berniat melakukan sesuatu dan belum
mengamalkannya.." dan hadits, "niat seseorang lebih baik daripada
amalnya".
Hadits tentang adzab
kubur dan ruh.
Hadits
tentang tuntutan agar kita salat dibelakang orang yang paling utama diantara
kita d an hadits wajibnya salat dibelakang orang baik maupun fajir.
Hadits
tentang barang siapa yang mneinggal karena membela hartanya maka dai syahid.
Dan hadits, "jadilsah hamba allah yang terbunhb dan jangan jadi hamba allah yang
membunuh".
Hadits
tentang ali ketiak diutst kkkkkke yaman, " ya allah tunjukilah hatinya,
kuatkan lisan dan hatinya". Dan pada saat yang lainnya beliau pernah
meneyesal dala memutuskan suatu perkara, seperti pada pembakaran pada murtadin.
Abu
muhammad berkata. "kami katakan : nabi ketiak mendo'akannya agar kuat dan
tetap, lisan dan hatinya. Tidak dimaksudkan apda hal itu terjadi selamanya.
Lalu dia tidak lupa dan lalai. Karena sifat tersebutv tidakalha layak bagi
mahluq".
Hadits
tentang seorang musafir bersamanya sati setan, dua musafir dua setan. Dan tiga
musafir xxxxx rukub.
Hadits
tentang, "allah melakanat orang mencuri sebutir telur, lalau dipotong
tanganya. Pencuri tali dan dipotioong
tanganya". D an hadits tidaka kan
dipotong tang pencurian yang kurang dari 1/4 dinar.
Hadits
tentang rasul berlindung dari kefakiran, "ya allah aku memohon kekayaan
dan …..".
Tapi
daalam keempatan ynag lainnya , " ya alalh hidupkannlah aku dalam keaaadan
miskin dan umatku juga. Dan kumpiulkannlah aku bersama orang-orang
miskin".
Hadits
lain, "kefakiran bagi seorang mukmin lebih baik darpada ..xxx baik xxxx
kuda".
Dalam
surat
al-anbiya' : 35 .masudnyaa dalah agar kita memilihnya.
Imam
mutraf berkata, "saya dicoba dengan kekayaan lalu aku bersyukur lebih aku
sukai daripada aku diberi cobaan lalu aku bersabar".
Hadits
seorang pezian atidak aka n berzian kalau dai itu mukmin dan dan barangsaiapa
yang mengucapkan nkalimat lalilahaillah maka daia akan masuk surga walau dai
mnecurui dabmn berzina.
Keterangan
ahdits ke-dua :
1.
yang dimaksudkan yaitu terakhirnya, dia akan
masuk surga walaupun awalnya dia diadzab dulu.
2.
dia mendapatkan Rahmat Allah dan Syafa'at
RasulNya dan pada akhirnya dia masuk ke jannah.
Hadits
tentang tidak ada lagi setelah beliau dan tidaka da umat lagi setreelah umat
ini dan halal yaitu apa yang dihalalakan oleh allah memlalui lisan rasulnya dan
haram yait apa yamng diharamkan noleh
alah memllului lisan rasuNnnya sampai pad hari kiamat.
Hadits
, "nabi isas akan turun dan akan membunuh babi dan merusak salib dan
menambah dalam hal yang halal".
Hadits,
dari aisyah, beliau berkata, " katakanlah rasul adalah penutup para nabi
dan nangan katakan tidak anbi lagi etelahnya".
Hadits,
"nabi tidaka kan
mensolati arng yang punya hutang samapi terbayarkan utang teersebut"
Dan
sabda yang lainnya, "barang ssiapa yang mneinggalkan harta maka menjadi
hak keluarganya dan barang siapa aynga emninggalkan hutang maka menjadi
tanggunganku".
"
barangsaiapa yang meningglakan keluargany dan anak-anak tanggungnanya maka itua
dalajkh tangungna alalh dan rasulnya".
Hadits
tentang rajam bagi pezin bagaiman rajam bisadibagi dua (pada kasusu budak).
Hadits tidak wasiat
bagi ahli waris (al-baqorah :180).
Hadits
tentang nikah denga mnegumpulkandau wanita yangmasih saudara.
Berkaiatan
daenga hal itu abu muhammad berkata,; suanah itu ada tiga :
- suanah
yang dibew aoleh jibril dari allah, "janganlah kamu nikahi
perempuan bibi dari pihak bapak dan
bibib dari9 pihak ibu".
- sunah
yang dibolehkan abgi rasul seaandainya beliau lupa. Dan diperintahakan
untuk memakai pendapatnya sendiri sebagaiman peangharaman stra bagi
laki-laki danbeliau mnegijinka apda
abdurahamn buin nauf karean sutu sebab.
- apa
yang disunahka abagi kiata dan sifatnya ayaiyu didikan. Sebagaiaman
larangan n apda daging dan hasil usaha dari memebekam dan daging untuk
binatang yang memmeiliki kuku tajam.
Isa
bin yunus telah meriwayatkan dari
al-auzai adri yaahay bin abi katsir, dia berkata, "SUNAHLAH YANG
MEMUTUSKAN APDA KITAB BUKAN KITAB YANG MMEMEUTUDKAN APADA SUNAH.
0 comments:
Post a Comment