Home » » Dua Hadits Yang Saling Bertentangan

Dua Hadits Yang Saling Bertentangan


Biografi singkat Ibnu Qutaibah
Beliau lahir pada tahun 213 H, 828 M.
Kitab karangan yang terpentingnya yaitu :


*       Adabul Katib.
*       Al-Asyribah.
*       I'rabul Qur'an.
*       Al-Anwa'.
*       Ta'wil Muhtalifil Hadits.
*       Taswiyah Bainal Arab Wa Al-Ajm.
*       An-Nafaqah.
*       Jamiun Nahwi.
*       Al-Khoil.
*       Ar-Rad 'Ala Musabihah.
*       Tabaqat Syuara'.
*       Al-'Ilmu.
*       'Utunul Ahbar.
*       Ghoribul Ahadits.
*       Al-Fars.
*       Al-Fiqh.
*       Al-Masa'il Wa Al-Jawabat.
*       Al-Ma'arif.
*       Ma'ani Syi'r.
*       Musykilul Hadits.
*       Musykilul Quran.
*       Al-Musir Wal Qodah.


Beliau wafat tahun 270 H,tepatnya  884 M.

Muqadimah
Allah Ta'ala berfirman, dalam hadits qudsiNya, " Saya ciptakan hambaKu semuanya dalam keadaan lurus. Maka setan membelokkannya dari dien mereka".
" Beramalah ! maka masing-masing akan dimudahkan jalannya bagi yang menempuh jalan tersebut. Jika memang dia merupakan orang yang akan bahagia, maka dia akan selalu beramal amalan yang menuju kearah situ. Dan jika termasuk orang celaka, maka dia cenderung untuk beramal ke arah itu".
Allah mengusap punggung Nabi Adam lalu memegang dua pegangan. Pegangan yang kanan maka dikatakan, "Masuklah ke jannah dengan rahmatKu".
Dan pegangan yang kiri ( pegangan yang  lainnya ) dikatakan, " Ke nerakalah dan saya tidak peduli".
Orang yang bahagia yaitu orang yang bahagia dalam perut ibunya. Dan orang yang celaka yaitu orang celaka dalam perut ibunya.

Hujah orang yang mendahulukan Ali bin Abi Talib daripada yang lainnya. Yaitu sabda Rasul, " Kedudukanmu padaku sabagaimana Harun pada Nabi Musa. Tetapi tidak ada Nabi lagi setelahku."
Sabda Rasul lagi, " Sesungguhnya umatku tidak akan berkumpul diatas kesalahan".
Umar bin Khottab berkata, "Seandainya agama ini sandarannya qiyas, maka bawahnya teropah lebih layak untuk diusap dari atasnya."

DUA HADITS YANG SALING BERTENTANGAN
Hadits Tentang Sandal Yang Putus.
1.     Dari Waki', dari A'mas, dari Abi Salih,dari Abi Hurairah, dari Nabi. Beliau bersabda, "Jika putus salah satu tali sandal kamu, maka janganlah kamu berjalan dengan satu sandal saja".
2.     Dari Mundil, dari Laits,dari Abdurrahman  bin al-Qasim dari Aisyah berkata, "Terkadang Rasulullah putus tali sandalnya, maka beliau berjalan dengan satu sandal tersebut sampai  yang lainnya diperbaiki".
Abu muhammad berkata, " Jika salah satu sandal terputus lalu melepasnya, kemudian dipegang dengan tangannya sambil berjalan dengan satunya  itu keburukan. Adapun berjalan sesaat, selangkah atau dua langkah, sampai sandal yang lepas tadi betul kembali bukan termasuk hal yang jelek".
Kenapa demikian ? karena hukum 'sedikit' itu tidak sama hukum 'banyak'. Hal itu banyak terjadi.
Seperti melangkahkan kaki bagi orang yang salat. Pada saat dia berdiri atau rukuk karena adanya suatu keperluan yang harus dia lakukan maka itu boleh. Dan tidak dibolehkan pada jarak 100 dhira’   misalnya.

Hadits tentang Rasul kencing berdiri dan duduk.
Hukum yang terjadi pada saat darurat tidak sama dengan hukum ihtiyar.

Hadits tentang hukuman zina ada yang dirajam, dan dera / jilid seratus kali dan diasingkan satu tahun.
Jawabannya yaitu, itu merupakan keputusan  dalam kitab Allah.

Hadits tentang memotong tangan pada seorang wanita yang meminjam pada suatu kaum dengan adanya perintah dari Rasulullah.
Dan menjadi ijma’ bahwa orang yang meminjam itu tidak akan dipotong tangannya. Karena dilandasi rasa percaya.
Hadits itu tidak bisa dijadikan hukum. Karena haditsnya tidak menerangkan bahwa sungguh dia memotongnya, tapi faktanya yaitu memerintahkan agar dipotong.
Terkadang boleh memerintahkan tapi tidak melakukannya. Dan terkadang terjadi pada para pemimpin dalam rangka mentahdzir dan tarhib. Bukan maksudnya pelaksanaan suatu hal.

Hadits tentang pembunuhan budak.

Hadits tentang had bagi peminum khamr.

Hadits tentang keraguan Rasulullah dan Nabi Ibrahim.
Hal itu berkaitan dengan sabda Rasul, “ Tidaklah apa yang dikabarkan tersebut sebagaiman apa yang terjadi”.

Hadits tentang adwa dan tiyarah ( penyakit yang menular dan kesialan )

Hadits tentang salat dluhur pada saat masih panas.

Hadits tentang kufurnya Nabi, bahwa beliau beragama dengan agama kaumnya selama 40 tahun.

Hadits tentang sebaik-baik generasi yaitu generasi awal atau generasi akhir. Yaitu adanya dua hadits.

Hadits tentang keutamaan Nabi atas Nabi yng lainnya.

Hadits tentang tidak masuk jannah karena kibr ( sombong ) dan hadits masuk neraka disebabkan kibr juga.

Hadits tentang kufur orang yang tidak ‘hayat’ ?????ular kali.

Hadits tentang jannah itu dilangit ke 7 dan taman diantara taman-taman surga.
Amar bin yasir berkata, “surga itu dibawah kilatan, yaitu kilatan pedang dan jannah itu dibawah naungan pedang”.

Hadits tentang kholifah itu dari Quraisy dan perkataan Umar, “Seandainya Salim masih hidup, pembantu Abu Hudzaifah, maka aku tidak akan ragu padanya”.

Hadits tentang matahari itu terbit dari antara dua tanduk setan. Dan hadits lainnya bahwa setan itu didalam tubuh manusia dalam aliran darah. Dan dalam kesempatan lainnya berujud syaikh, pemuda, api dan yang lainnya.

Hadits tentang setiap manusia dilahirkan dalam keadaan fitrah dan hadits kecelakaan bagi yang  celaka dalam perut ibunya.
Fitrah artinya permulaan dan awal adanya.
Rasul bersabda, “Allah ta’ala berfirman tabarak wa ta’ala, “Sesungguhnya aku ciptakan hambaku semuanya dalam keadaan lurus ( hanif ). Maka setanlah yang telah membelokkan mereka dari dien mereka. Lalu orang yahudi menyahudikan anak-anak mereka. Orang majusi memajusikan anak-anaknya. Yaitu mengajarinya”.

Hadits tentang mencuci tangan setelah tidur kali, sebelum dia berwudlu atau melakukan sesuatu.

Hadits tentang larangan salat ditempat menderumnya onta karena karena itu diciptakan dari syaitan. Pelajaran yang dapat  diambil darinya yaitu, itu terjadi pada awal mulanya.

Hadits tentang perintah untuk membunuh semua anjing. Tapi disisi lain ada hadits pengecualiannya.
"Seandainya anjing itu bukanlah suatu umat, diantara umat yang ada. Sungguh saya akan memerintahkan untuk membunuhnya. Tapi bunuhlah anjing hitam".
"Diperintahkan untuk membunuh anjing sampai tidak tersisa satupun anjing di Madinah".

Hadits tentang gadaian Rasulullah pada saat wafatnya.
Malik bin Dinar berkata, "Sesungguhnya permisalan orang mu'min sebagaimana ……((المأبورة"
Hasan berkata pada salah seorang yang masuk ketempatnya dan dia sedang makan, " makanlah". Maka orang tadi menjawab,"aku sudah makan. Dan saya tidak minat lagi makan".
Malik berkata lagi, "saya senang seandainya rizqiku hanya pada ….yang aku peras. Karena aku malu pada allah. Aku banyak kekamar WC".
Rasulullah mengadaikan barangnya pada orang yahudi, karena pad saat itu mereka banyak menajdi pedagang makanan. Kaum muslim tidak menjadi pedagang karena takut dengan ancaman dan larangan untuk penimbun makanan.

Hadits tentang amr bin ash yang berhukum dan berijtihad dengan dirinya sendiri. Hal itu ada perintah rasul.

Hadits niat, "barang siapa yang berniat melakukan sesuatu dan belum mengamalkannya.." dan hadits, "niat seseorang lebih baik daripada amalnya".

Hadits tentang adzab kubur dan ruh.

Hadits tentang tuntutan agar kita salat dibelakang orang yang paling utama diantara kita d an hadits wajibnya salat dibelakang orang baik maupun fajir.

Hadits tentang barang siapa yang mneinggal karena membela hartanya maka dai syahid. Dan hadits, "jadilsah hamba allah yang terbunhb  dan jangan jadi hamba allah yang membunuh".

Hadits tentang ali ketiak diutst kkkkkke yaman, " ya allah tunjukilah hatinya, kuatkan lisan dan hatinya". Dan pada saat yang lainnya beliau pernah meneyesal dala memutuskan suatu perkara, seperti pada pembakaran pada murtadin.
Abu muhammad berkata. "kami katakan : nabi ketiak mendo'akannya agar kuat dan tetap, lisan dan hatinya. Tidak dimaksudkan apda hal itu terjadi selamanya. Lalu dia tidak lupa dan lalai. Karena sifat tersebutv tidakalha layak bagi mahluq".

Hadits tentang seorang musafir bersamanya sati setan, dua musafir dua setan. Dan tiga musafir xxxxx rukub.

Hadits tentang, "allah melakanat orang mencuri sebutir telur, lalau dipotong tanganya.  Pencuri tali dan dipotioong tanganya". D an hadits tidaka kan dipotong tang pencurian yang kurang dari 1/4 dinar.

Hadits tentang rasul berlindung dari kefakiran, "ya allah aku memohon kekayaan dan …..".
Tapi daalam keempatan ynag lainnya , " ya alalh hidupkannlah aku dalam keaaadan miskin dan umatku juga. Dan kumpiulkannlah aku bersama orang-orang miskin".
Hadits lain, "kefakiran bagi seorang mukmin lebih baik darpada ..xxx baik xxxx kuda".
Dalam surat al-anbiya' : 35 .masudnyaa dalah agar kita memilihnya.
Imam mutraf berkata, "saya dicoba dengan kekayaan lalu aku bersyukur lebih aku sukai daripada aku diberi cobaan lalu aku bersabar".

Hadits seorang pezian atidak aka n berzian kalau dai itu mukmin dan dan barangsaiapa yang mengucapkan nkalimat lalilahaillah maka daia akan masuk surga walau dai mnecurui dabmn berzina.
Keterangan ahdits ke-dua :
1.   yang dimaksudkan yaitu terakhirnya, dia akan masuk surga walaupun awalnya dia diadzab dulu.
2.   dia mendapatkan Rahmat Allah dan Syafa'at RasulNya dan pada akhirnya dia masuk ke jannah.

Hadits tentang tidak ada lagi setelah beliau dan tidaka da umat lagi setreelah umat ini dan halal yaitu apa yang dihalalakan oleh allah memlalui lisan rasulnya dan haram yait apa  yamng diharamkan noleh alah memllului lisan rasuNnnya sampai pad hari kiamat.
Hadits , "nabi isas akan turun dan akan membunuh babi dan merusak salib dan menambah dalam hal yang halal".
Hadits, dari aisyah, beliau berkata, " katakanlah rasul adalah penutup para nabi dan nangan katakan tidak anbi lagi etelahnya".

Hadits, "nabi tidaka kan mensolati arng yang punya hutang samapi terbayarkan utang teersebut"
Dan sabda yang lainnya, "barang ssiapa yang mneinggalkan harta maka menjadi hak keluarganya dan barang siapa aynga emninggalkan hutang maka menjadi tanggunganku".
" barangsaiapa yang meningglakan keluargany dan anak-anak tanggungnanya maka itua dalajkh tangungna alalh dan rasulnya".

Hadits tentang rajam bagi pezin bagaiman rajam bisadibagi dua (pada kasusu budak).

Hadits tidak wasiat bagi ahli waris (al-baqorah :180).

Hadits tentang nikah denga mnegumpulkandau wanita yangmasih saudara.
Berkaiatan daenga hal itu abu muhammad berkata,; suanah itu ada tiga :
  1. suanah yang dibew aoleh jibril dari allah, "janganlah kamu nikahi perempuan  bibi dari pihak bapak dan bibib dari9 pihak ibu".
  2. sunah yang dibolehkan abgi rasul seaandainya beliau lupa. Dan diperintahakan untuk memakai pendapatnya sendiri sebagaiman peangharaman stra bagi laki-laki danbeliau mnegijinka apda  abdurahamn buin nauf karean sutu sebab.
  3. apa yang disunahka abagi kiata dan sifatnya ayaiyu didikan. Sebagaiaman larangan n apda daging dan hasil usaha dari memebekam dan daging untuk binatang yang memmeiliki kuku tajam.
Isa bin yunus telah meriwayatkan  dari al-auzai adri yaahay bin abi katsir, dia berkata, "SUNAHLAH YANG MEMUTUSKAN APDA KITAB BUKAN KITAB YANG MMEMEUTUDKAN APADA SUNAH.

Diterbitkan Oleh : Al Masjidiy Jurnal News Network

Al Masjidiy Murupakan kumpulan dari tulisan-tulisan yang ada dalam beberapa buletin dan artikel ilmiah, soalnya admin pernah menjadi pemred beberapa buletin di Kota Metro Lampung dan Kota Bekasi. Saat ini admin Fokus pada pengembangan media online. Admin juga menerima tulisan dari pembaca melalui email: almasjidiy@gmail.com

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Terima Kasih Telah Membaca Artikel Ini ::

0 comments:

Post a Comment

Opini Terbaru